-->

Sholat Ba'diyah Jum'at Yang Dituntunkan Rosululloh Ternyata Begini.

forummajlisilmu - Selamat Pagi Sahabat FMI dimanapun anda berada. kali ini admins ingin menyampaikan kepada anda semuanya menganai Sholat Ba'diyah Jum'at Yangdilakukan Rosululloh Ternyata  Begini. kalau kemarin kita sudah membahas mengenai Introspeksi diri tentang dosa dosa yang tekah kita lakukan. 


Sholat Ba'diyah adalah sholat yang dilakukan setelah sholat fardhu. Sedangkan Sholat Ba'diyah jum'at adalah sholat yang dilakukan setelah sholat Jum'at. jadi paham semuanya ya tentang sholat ba'diyyah, sering kita jumpai di masjid manapun itu banyak terjadi kekeliruan mengenai pelaksanaan sholat ba'diyah jum'at. 

Mari kita simak bersama mengenai pelaksanaan sholat ba'diyah jum'at yang dilakuna rosululloh sebagaimana dalam sebuah hadits berikut ini

Rosululloh SAW Memerintahkan untuk Sholat Ba'diyyah Jum'at sebanyak 4 Rekaat Jika Dilaksanakan di Masjid .
     
 عَنْ اَبِىْ هُرَيْرَةَ قَالَ، قَالَ رَسُ ولُ للهِ ص: اِذَا صَلَّى اَحَدُكُمُ اْلجُمُعَةَ
فَلْيُصَلّ بَعْدَهَا اَرْبَعًا. مسلم: ٦٠٠  
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Apabila seseorang diantara kalian shalat Jum'ah, maka hendaklah shalat sesudah itu 4 raka'at". [HR Muslim juz 2, hal. 600]. 

Rosululloh SAW Memerintahkan untuk Sholat Ba'diyyah Jum'at sebanyak 2 Rekaat Jika melaksanakan sholatnya di rumah
. عَنْ عَبْدِ للهِ بْنِ عُمَرَ اَنَّ رَسُوْلَ للهِ ص كَانَ يُصَلّى قَبْلَ الظُّهْرِ رَكْعَتَيْنِ وبَعْدَهَا رَكْعَتَيْنِ وبَعْدَ الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ فِيْ بَيْتِهِ وب عْدَ اْلعِشَاءِ رَكْعَتَيْنِ وَكَانَ لَا يُصَلّي بَعْدَ اْلجُمُعَةِ حَتَّى يَنْصَرِفَ فَيُصَلّى رَكْعَتَيْنِ . البخارى  ٢٢٥:١
"Dari ‘Abdullah bin 'Umar bahwasanya Rasulullah SAW dahulu shalat sebelum Dhuhur dua raka’at dan sesudahnya dua raka’at, dan sesudah Maghrib dua raka’at di rumahnya, dan sesudah ‘Isyak dua raka’at. Dan beliau tidak shalat sesudah Jum’at melainkan setelah pulang, beliau lalu shalat dua raka’at. (HR. Bukhari juz 1, hal. 225)

Hadits lain Rosululloh Juga dijeaskan demikian  : 
عَنْ عَبْدِ للهِ بْنِ عُمَرَ اَنَّهُ كَانَ اِذَا صَلَّى اْلجُمُعَةَ، انْصَرَفَ، فَصَلَّى سَجْدَتَيْنِ فِى بَيْتِهِ ثُمَّ قَالَ : كَانَ رَسُوْلُ للهِ ص يَصْنَعُ ذٰ لِكَ ( ابن ماجه:١١٣  رقم:٣٥٨ 
Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, bahwasanya dia apabila selesai shalat Jum’at, lalu pulang, kemudian shalat dua reka’at di rumahnya. Kemudian ia berkata, “Dahulu Rasulullah SAW melakukan yang demikian itu”. (HR. Ibnu Majah juz 1)  hal. 358, no. 1130] 

Keterangan : Shalat sunnah sesudah Jum'ah, Nabi SAW mengerjakannya 2 raka'at di rumahnya. Sedang menurut hadits yang pertama shalat ba'diyah Jum'ah itu 4 raka'at, maka ini bisa diambil suatu pengertian bahwa yang 4 raka'at itu apabila dikerjakan di masjid. 

Demikian Artikel kami mengenai Sholat Ba'diyah Jum'at Yang Dituntunkan Rosululloh Ternyata  Begini. semoga bermanfaat bagi kita semua. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sholat Ba'diyah Jum'at Yang Dituntunkan Rosululloh Ternyata Begini."

Posting Komentar

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Dibagikan Kepada Teman Teman Agar Pahala Anda Mengalir Sebagai Sedekah .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel